• Telp/Fax: 085767845317



Koleksi


Terbaru

Algoritma K-Medoids untuk Mengelompokkan Desa yang Memiliki Fasilitas Sekolah di Indonesia


Dedi Suhendro, S.E., M.Si, (2019) Algoritma K-Medoids untuk Mengelompokkan Desa yang Memiliki Fasilitas Sekolah di Indonesia, Prosiding ,STIKOM Tunas Bangsa
Prosiding
Dedi Suhendro, S.E., M.Si, | pdf
Download (984112)
Abstrak
asilitas sekolah merupakan sarana dan prasarana pembelajaran. Prasarana
meliputi gedung sekolah, ruang belajar, lapangan olahraga, ruang ibadah, ruang kesenian
dan peralatan olahraga. Sarana pembelajaran meliputi buku pelajaran, buku bacaan, alat
dan fasilitas laboratorium sekolah dan berbagai media pembelajaran lain. Penelitian ini
membahas Penerapan Metode K-Medoids Dalam Pengelompokan Desa Yang Memiliki
Fasilitas Sekolah Berdasarkan Provinsi dan Tingkat Pendidikan. Sumber data yang
digunakan dari Badan Pusat Statistik Nasional (BPS). Penelitian ini menggunakan teknik
data mining dalam proses pengolahan data dengan metode k-medoids clustering. Metode kmedoids merupakan bagian dari partitioning clustering yang cukup efisien dalam dataset
yang kecil dan mencari titik yang paling representatif. Kelebihan dari metode ini mampu
mengatasi kelemahan dari metode k-means yang sensitive terhadap outlier. Kelebihan lain
dari metode ini yaitu hasil proses clustering tidak bergantung pada urutan masuk dataset.
Metode k-medoids clustering dapat diterapkan pada data persentase fasilitas sekolah
berdasarkan provinsi, sehingga dapat diketahui pengelompokkan provinsi berdasarkan data
tersebut. Dari data pengelompokan tersebut diperoleh 3 cluster yakni cluster rendah 15
provinsi, cluster sedang 16 provinsi dan cluster tinggi 3 provinsi dari persentase fasilitas
sekolah pada setiap provinsi. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan informasi kepada
pemerintah tentang pengelompokan data fasilitas sekolah di Indonesia yang berdampak
pada pemerataan dalam pemberian Fasilitas sekolah di Indonesia.