• Telp/Fax: 085767845317



Koleksi


Terbaru

Analisis Konsumen Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan UD. Bakery Garden


Dedi Suhendro, S.E., M.Si, (2020) Analisis Konsumen Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan UD. Bakery Garden, Prosiding ,Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS)
Prosiding
Dedi Suhendro, S.E., M.Si, | pdf
Download (651410)
Abstrak
UD. Bakery Garden adalah sebuah tempat yang memproduksi dan menjual makanan
yang berbahan dasar tepung terigu dan dipanggang. UD. Bakery Garden memproduksi
berbagai jenis roti setiap harinya dengan menggunakan bahan baku dan bahan
tambahan, mesin, peralatan dan tenaga kerja yang telah baku. Selain harganya
ekonomis UD. Bakery Garden selalu memproduksi roti yang masih hangat. Didalam
sistem penjualan UD. Bakery Garden biasanya memiliki data transaksi penjualan yang
cukup besar jumlah nya, dibutuhkan suatu teknis analisis yang dapat digunakan untuk
menentukan apa manfaat dari data transaksi tersebut di kemudian hari. Data tarnsaksi
yang telah diolah dapat menjadi referensi bagi pemasaran untuk dapat mengetahui teknik
pasar. Proses data mining yang telah dilakukan adalah dengan cara mengekstrasi data
melalui analisi sekumpulan data yang besar dan kemudian mengambil inti dari arti
sebuah data. Algoritma Apriori digunakan sebagai suatu proses untuk menemukan semua
aturan yang memenuhi syarat minimum untuk support dan syarat minimum untuk
confidence selain itu algoritma apriori juga dapat diimplementasikan pada sistem
transaksi penjualan .Hasil dari associotion yang berupa informasi mengenai barang apa
saja yang dibeli secara bersamaan oleh konsumen, dapat digunakan sebagai bahan
pertimbangan untuk menetapkan strategi pemasaran.