Informasi terbaru mengenai dosen berikut nya akan disampaikan melalui link website LSDM Berikut : Web LSDM
Jl. Jend. Sudirman Blok A No 1-3 Pematangsiantar, Kode POS 21127, Sumatera Utara, Indonesia
Jurnal Penelitian | |
Dedi Suhendro, S.E., M.Si, | pdf | |
Download (1004687) |
Mata pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang penting bagi siswa yang mempunyai peran cukup besar dalam dunia pendidikan. Matematika merupakan ilmu yang perlu dipahami setiap orang, terutama siswa yang masih berada pada jenjang pendidikan. Kemampuan pemahaman matematika dapat mencapai tujuan pembelajarannya apabila dapat memahami konsep dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan konsep pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika siswa SMA Swasta Tamansiswa Tapian Dolok. Dalam dunia pendidikan matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit untuk dipahami karena matematika selalu berhubungan dengan angka, rumus, dan hitung-menghitung. Banyaknya rumus dan konsep yang harus dipahami, membuat siswa kesulitan dalam menyelesaikan persoalan pada materi yang ada. Sumber data diperoleh dari hasil kuesioner pemahaman matematika siswa SMA Swasta Tamansiswa Tapian Dolok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Data Mining dengan Algoritma C4.5 dan dibantu dengan software RapidMiner. Data Mining merupakan proses yang digunakan untuk mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dari berbagai database berjumlah besar. Algoritma C4.5 merupakan algoritma yang digunakan untuk membentuk decision tree berdasarkan training data. Atribut yang digunakan yaitu minat belajar siswa, komunikasi, cara belajar siswa, suasana pembelajaran, media pembelajaran, dan cara mengajar guru. Hasil Perhitungan nilai entropy dan gain diperoleh 18 rule keputusan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika dengan 9 rules berstatus paham dan 9 rules berstatus tidak paham. Pemodelan klasifikasi dengan Algoritma C4.5 pada Rapidminer diperoleh akurasi sebesar 95.19%. |